Senin, 30 April 2012

Ahkamul Huruf


AHKAMUL HURUF

1.Hukum Nun Sukun Atau Tanwin
a.Idhar Halqi
    Apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu salah satu huruf pada Al-Qur’an yaitu: Hamzah, Ha, Kha’, Kho, Ain, Ghoin. Dibaca jelas(tidak dengung)
b.Idghom Bighunnah
    Apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu salah satu huruf pada Al-Qur’an yaitu: Ya’, Nun, Mim, Wawu. Dibaca masuk dengan dengung selama 1 ½ alif / 3 harokat.
c.Idghom Bilaghunnah
    Apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu salah satu huruf pada Al-Qur’an yaitu: Lam, dan Ro’. Dibaca masuk tidak dengan dengung.
d.Iqlab
    Apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu satu huruf pada Al-Qur’an yaitu: Ba. Dibaca dengan cara mengganti suara nun sukun atau tanwin dengan mim sukun dan dibaca dengung selama 1 ½ alif / 3 harokat.
e.Ikhfa’
    Apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu 15 huruf pada Al-Qur’an yaitu: Ta, Tsa, Jim, Dal, Dzal, Za, Sin, Syin, Shod, Dhod, Tho, Dho, Fa, Qof, Kaf. dibaca dengung selama 1 ½ alif / 3 harokat.

2.Hukum Mim Sukun
a.Idghom Mimi / Idghom Mitslain
    Apabila ada mim sukun bertemu dengan satu huruf pada Al-Qur’an yaitu Mim. Maka huruf mim yang pertama melebur ke mim yang kedua. Dibaca dengung selama 1 ½ alif / 3 harokat.
b.Ikhfa’ Syafawi
    Apabila ada mim sukun bertemu dengan satu huruf pada Al-Qur’an yaitu Ba. Maka dibaca dengung selama 1 ½ alif / 3 harokat.
c.Idhar Syafawi
Apabila ada mim sukun bertemu huruf pada Al-Qur’an selain Mim, dan, Ba.

 3.Hukum Ro’
a.Hukum Ro’ Tafkhim
    Yaitu Ro’ yang dibaca tebal apabila :
1.               Berharokat fathah dan fathatain
2.               Berharokat dlommah dan dlommatain
3.               Ro’ sukun yang diawal kata didahului hamzah washol
4.               Ro’ sukun yang ditengah atau diakhir kata yang didahului
5.               Ro’ sukun yang ditengah atau diakhir kata yang didahului dlammah
b.Hukum Ro’ Tarqiq
    Yaitu Ro’ yang dibaca tipis
1.     Berharokat kasrah atau kasratain
2.     Ro’ sukun didahului huruf berharokat kasrah
3.     Ro’ sukun didahului Ya’ sukun
4.     Ro’ yang dibaca imalah(Imalah: ialah harokat fathah dibaca miring antara harokat fathah dan kasrah(dalam ejaan Indonesia sepadan dengan kata sore)

4.Hukum Nun Dan MIm Bertasydid
    Hukum nun atau mim bertasydid dinamakan Ghunnah Syiddah. Cara bacanya yaitu dengan didengungkan selama 1 alif / 3 harokat

5.Hukum Al Ta’rif
a.Idhar Qamariah
    Apabila al ta’rif bertemu 14 huruf pada Qur’an dan bacaan al dibaca jelas, hurufnya yaitu : Alif, Ba, Jim, Kha, Kho, Ain, Ghoin, Fa, Qof, Kaf, Mim, Wawu, Ha, Ya’.
b.Idghom Syamsiah
    Apabila al ta’rif bertemu 14 huruf pada Qur’an dan bacaan al melebur ke bacaan selanjutnya, hurufnya yaitu : Ta, Tsa, Dal, Dzal, Ro, Za, Sin, Syin, Shod, Dhod, Tho, Dho, Lam, Nun.

6.Hukum Lam Jalalah
a.Lam Tafkhim
    Apabila lam jalalah berharokat fathah atau dlommah. Lam jalalah dibaca tebal
b.Lam Tarqiq
    Apabila lam jalalah berarokat kasrah. Lam jalalah dibaca tipis

7.Hukum Qalqalah
Adalah huruf sukun yang dibaca memantul Hurufnya yaitu: Ba, Jim, Dal, Tho, Qof. Agar lebih mudah menghafalnya maka disingkat BaJu DiToQo
a.Qalqalah Sugra
    Adalah huruf qalqalah yang sukun ditenga kalimat atau diakhir kalimat yang tidak diwaqofkan. Bacaan qalqalah dibaca dengan goncangan kuat.
b.Qalqalah Qubra
    Apabila huruf qalqalah yang sukun diakhir kalimat dan diwaqofkan. Bacaan qalqalah dibaca dengan goncangan yang lebih kuat.

2 komentar: